Rahasia Do'a


Sudah menjadi rahasia umum kalau kita menginginkan do'a kita segera dikabulkan oleh Allah SWT. Akan tetapi, kita juga sadar bahwa terkadang Allah tidak secara langsung mengabulkan do'a kita. Itu bukan berarti Allah tak mendengar atau tidak mau mengabulkan do'a hambanya, dan juga bukan berarti Allah tidak sayang pada hambanya, tetapi Allah hanya mengakhirkan atau menunggu waktu yang tepat untuk mengabulkan do'a tersebut.

Bukankah Allah sudah berfirman: "Berdo'alah kalian semua kepadaku, niscaya pasti Aku akan mengabulkan atas do'a kalian". Itulah janji Allah. Oleh karena itu, kita wajib optimis dan husnudzon kepadaNYA.

Kadang jika kita mengharapkan sesuatu itu dengan sungguh, tapi gak segera terkabulkan, sempat terbesit dibenak kita bahwa Allah gak mendengar do'a kita atau sengaja gak mau mengabulkan permintaan kita. tapi sungguh anggapan seperti itu adalah salah. karena jika kita beranggapan seperti itu, secara tidak langsung kita sudah gak percaya bahwa Allah maha mendengar, dan juga kita beranggapan kalau Allah mengingkari janjinya sendiri, maka otomatis kita gak percaya kalo Allah maha menepati janji. Subhanallah...

Sama halnya jika kita berdo'a meminta sesuatu, yang menurut kita "sesuatu" tersebut sangatlah bermanfaat bagi kita. Tetapi bagi Allah, "sesuatu" tersebut sama sekali gak ada manfaatnya (disaat kita minta itu). bahkan yang Allah berikan malahan sesuatu yang menurut kita tak ada gunanya atau malah menyakitkan. Lantas dengan itu kita beranggapan bahwa Allah gak sayang kepada kita sebagai hambanya. Maka sekali lagi, anggapan seperti itu adalah salah. hal itu justru merupakan bukti bahwa Allah sangat sayang kepada hambanya, karena hanya Allah lah yang tau mana yang bermanfaat dan mana yang tak bermanfaat bagi kita.

Kejadian tadi bisa dianalogikan dengan seorang anak kecil yang sedang demam tinggi, tapi dia malah minta es kepada ibunya. Lalu apakah seorang ibu yang sayang kepada anaknya akan menuruti begitu saja permintaan anaknya yang sedang sakit itu? enggak kan?
akan tetapi, sang ibu justru malah memberikan sebuah sirup penurun demam yang mana menurut si anak tersebut, sirup merupakan sesuatu yang gak enak karena itu obat. Tapi si anak itu gak sadar dan bahkan gak tau kalo sebenernya sirup tadi justru yang sangat dibutuhkannya karena dia sedang demam.

Subhanallah....sungguh ALLAH sangat sayang kepada kita.

0 Response to "Rahasia Do'a"

Posting Komentar