Tafsir Surat Yasin Syeikh Hamami Zadah (Bag. 5)



وَجَعَلْنَا مِنْ بَيْنِ أَيْدِيهِمْ سَدًّا وَمِنْ خَلْفِهِمْ سَدًّا فَأَغْشَيْنَاهُمْ فَهُمْ لَا يُبْصِرُونَ (9) وَسَوَاءٌ عَلَيْهِمْ أَأَنْذَرْتَهُمْ أَمْ لَمْ تُنْذِرْهُمْ لَا يُؤْمِنُونَ (10)

Artinya:
9. Dan Kami adakan di hadapan mereka dinding dan di belakang mereka dinding (pula), dan Kami tutup (mata) mereka sehingga mereka tidak dapat melihat.
10. Sama saja bagi mereka apakah kamu memberi peringatan kepada mereka ataukah kamu tidak memberi peringatan kepada mereka, mereka tidak akan beriman. 

(وجعلنا من بين أيديهم سدا ومن خلفهم سدا فأغشيناهم فهم لا يبصرون) نزلت هذه الأية في رواية في حق أبي جهل وصاحبه من بني محزوم وذلك أن أبا جهل حلف لئن رأيت محمدا يصلي لأرضخن رأسه بالحجر فأتاه فهو يصلي فلما رفع الحجر شلت يده الى عنقه ولصق الحجر بيده. فلما عاد الى أصحابه وأخبرهم بما رأى سقط الحجر. فقال رجل من بني محزوم: أنا أقتله بهذا الحجر فاتاه فهو يصلي فأراد ان يرميه بالحجر فأعمى الله تعالى بصره فجعل يسمع صوته عليه السلام ولا يراه. فرجع الى اصحابه فلم يرهم حتى نادوه. فقالوا ما صنعت قال ما رأيته ولكن سمعت صوته وحال بيني وبينه شيئ كهيئة العجل ينفخ بذنبه ولو دنوت منه لأكلني . وبعد ذلك كلما اراد ابو جهل محمدا عليه الصلاة والسلام لايقدر ان يراه.

(Dan Kami adakan di hadapan mereka dinding dan di belakang mereka dinding pula, dan Kami tutup mata mereka sehingga mereka tidak dapat melihat) Menurut satu riwayat, ayat ini diturunkan berkenaan dengan Abu Jahal bersama komplotannya dari Bani Mahzum. Pada satu ketika, Abu Jahal bersumpah: "kalau saya melihat Nabi Muhammad SAW sholat, maka saya akan memecahkan kepalanya dengan batu". Kemudian Abu Jahal mendatangi Nabi Muhammad yang kebetulan sedang sholat, ketika abu jahal mengangkat batu, tiba-tiba tangannya menjadi lumpuh (kaku) dan batu tersebut tetap menempel pada tangannya.

Tatkala abu jahal kembali ke komplotannya, ia memberitahu tentang apa yang terjadi, lalu lepaslah batu tersebut. Salah seorang Bani Mahzum berkata: "saya akan membunuhnya dengan batu ini", lalu ia menemui Nabi Muhammad yang juga kebetulan sedang sholat. Ketika ia hendak melemparkan batu tersebut, Allah SWT membutakan matanya dan ia hanya mendengar suara Nabi Muhammad yang sedang sholat tapi tidak bisa melihatnya. Kemudian orang tersebut kembali, dan tetap tidak bisa melihat para komplotannya tadi sampai mereka memanggilnya.
Mereka berkata: "apa yang telah kamu lakukan?"
ia menjawab: "aku tidak melihat Muhammad, tapi aku mendengar suaranya. aku seperti terhalangi oleh seekor sapi yang mengibaskan ekornya, kalau aku mendekat, maka ia akan memakanku".
Setelah kejadian itu, setiap kali abu jahal ingin menyakiti Nabi Muhammad, maka ia tidak bisa melihat Nabi.


وفي رواية نزلت هذه الأية في طائفة من قريش وذلك أن النبي صلى الله عليه وسلم مع أصحابه كانوا جالسين يوما عند باب الكعبة, فقالت قريش تعالوا نأخذ محمدا مع اصحابه ونذهب بهم الى جبل ابي قبيس فنقتل محمدا مع اصحابه, ومن لا يرضى دينه نخلى سبيله والا فنقتل كلهم. وبعد هذه المشاورة اتفقوا وأتوا الى محمد عليه الصلاة والسلام واصحابه فجعل الله تعالى بين أيديهم سدا ومن خلفهم سدا لم يروا محمدا واصحابه.

Dan menurut satu riwayat, ayat ini (surat Yasiin: 9) diturunkan mengenai satu kelompok orang Quraisy, yakni suatu ketika Nabi Muhammad SAW dan para sahabatnya sedang duduk-duduk di pinggiran pintu ka'bah, sekelompok orang Quraisy merencanakan pembunuhan Nabi dan para sahabatnya di bukit abu qubais, begitu pula mereka akan membunuh orang-orang yang mengimani ajaran Nabi Muhammad. Setelah mereka (Quraisy) sepakat dengan rencana tersebut, mereka mendatangi Nabi Muhammad dan para sahabatnya, lalu Allah menjadikan mereka semacam orang yang terhalangi sesuatu karena tidak bisa melihat Nabi Muhammad dan para sahabatnya.


وفى رواية نزلت هذه الأية فى حق المشركين وذلك أنهم مجتمعين فى مجلس واحد منهم فقال بعضهم فى حق محمد عليه السلام شيئا فقال ان رأيت محمدا فعلت كذا وكذا. فجأ النبي وقام عنده, وقرأ سورة يس الى قوله فهم لا يبصرون. وبعد ذلك أخذ النبي قبضة من  التراب ورمى الى وجوههم ولحاهم وذهب من بينهم فلم يروه وهم ينفضون التراب عن وجوههم ولحاهم ويقولون والله ما رأيناه وما سمعنا صوته عليه الصلاة والسلام.

Dalam riwayat yang lain, Ayat ini diturunkan perihal orang-orang musyrik. Mereka berkumpul dalam suatu majelis juga untuk merencakan pembunuhan Nabi Muhammad SAW. Ketika mereka melancarkan aksinya dengan mendatangi Nabi Muhammad, yang pada waktu itu beliau sedang membaca Surat Yasin sampai ayat Fahum laa yubshiruun, lalu Nabi mengambil segenggam debu dan menaburkan ke arah orang-orang musyrik tadi, dan Nabi keluar namun mereka tidak melihatnya. Setelah debu tadi hilang dari hadapan mereka, mereka tidak dapat melihat Nabi Muhammad dan tidak pula mendengar suaranya.


(وسواء عليهم أأنذرتهم ام لم تنذرهم فهم لا يؤمنون) لأنه ثبت فى علم الله تعالى أنهم لا يؤمنون بل يموتون على الكفرفيدخلون النار فعلى هذا التقدير يكون الإنذار تأكيدا للحجة لإنكارهم.

(Sama saja bagi mereka apakah kamu memberi peringatan kepada mereka ataukah kamu  tidak memberi peringatan kepada mereka, mereka tidak akan beriman.) Allah telah menetapkan bahwa mereka tidak akan beriman dan akan mati dalam keadaan kafir, mereka akan masuk ke neraka. Maka dengan demikian, peringatan tersebut menjadi Ta'kid (penguat) atas keinkaran mereka.

Wallahu a'lam.

0 Response to "Tafsir Surat Yasin Syeikh Hamami Zadah (Bag. 5)"

Posting Komentar