Tafsir Surat Yasin Syeikh Hamami Zadah (Bag. 1)


بسم الله الرحمن الرحيم

يس (1) وَالْقُرْآنِ الْحَكِيمِ (2) إِنَّكَ لَمِنَ الْمُرْسَلِينَ (3)

هذه السورة مكية. وسبب نزولها أن الكفار قالوا إن محمدا ليس بنبي ولا مرسل بل هو يتيم أبي طالب وما ذهب الى المكتب وما تعلم العلم من المعلم فكيف يصير نبيا فكان الكفار مصرين في انكارهم, فردّ الله تعالى قول الكفار وأنزل هذه السورة وشهد بذاته الجليل على رسالته ونبوته, فقال يا محمد ان أنكر الكفار رسالتك فلا تغتم بذالك أنا أشهد إنك لمن المرسلين. فلما كانت هذه السورة دالة وشاهدة على رسالته فلا جرم انها صارت قلب القرأن كما قال عليه الصلاة والسلام.

1. Yaa siin. 
2. Demi Al Quran yang penuh hikmah.
3. Sesungguhnya kamu salah seorang dari rasul-rasul.

Surat ini termasuk surat Makiyyah, sebab turunnya surat ini adalah orang-orang kafir berkata bahwa Muhammad itu bukan seorang Nabi dan Rasul, tapi hanyalah seorang anak yatim yang diasuh oleh Abu Tholib. Muhammad itu tidak pernah ke toko buku dan tidak pernah pula belajar suatu ilmu, bagaimana mungkin bisa menjadi seorang Nabi? Sehingga orang-orang kafir tersebut makin bertambah keingkarannya terhadap kenabian Muhammad SAW.

Lalu Allah membalas perkataan orang-orang kafir tersebut dengan menurunkan surat Yasin ini, dan Allah bersaksi demi dzatNya yang agung bahwa Muhammad SAW adalah seorang Nabi dan Rasul. Allah berfirman: "Wahai Muhammad, jika orang-orang kafir itu mengingkari kerasulanmu, maka kamu tidak perlu bersedih, saya (Allah) bersaksi bahwa engkau salah seorang dari para Rasul.

Maka surat Yasin ini sebagai petanda dan kesaksian atas kerasulan Muhammad SAW, oleh karena itu, Surat Yasin merupakan Qolbul Qur'an (inti dari Al-Qur'an) sebagaimana yang disabdakan oleh Rasulullah SAW.


إن لكل شيئ قلبا, وقلب القرأن يس ومن قرأها كتب الله له قراءة القرأن عشر مرات. وكما قال عليه الصلاة والسلام أن الله تعالى قرأ سورة يس و طه قبل ان يخلق السموات والأرض بألفي عام فلما سمعت الملائكة قالوا طوبى لأمة محمد نزل عليهم هاتان السورتان, وطوبى لمن تحمل بهما وطويى لألسنة تتكلم بهما. وكما قال عليه السلام إن أهل الجنة لا يقرؤون شيئا من القرأن الا طه و يس وسورة الرحمن.

Sesungguhnya segala sesuatu itu mempunyai inti, dan inti dari Al-Qur'an adalah surat Yasin. Barang siapa yang membacanya maka Allah mencatatnya pahala membaca Al-Qur'an 10 kali. Sebagaimana yang disabdakan oleh Rasulullah bahwa Allah membaca surat Yasin dan Thaha 2000 tahun sebelum menciptakan langit dan bumi, dan ketika malaikat mendengarnya, mereka berkata: sungguh beruntung umat Nabi Muhammad yang telah diturunkan kepadanya dua surat tersebut, dan sungguh beruntung bagi siapa yang membaca dan menghafalnya, dan sungguh beruntung bagi lisan yang mengucapkan keduanya.
Nabi Muhammad juga bersabda: sesungguhnya ahli surga  hanya membaca Al-Qur'an berupa surat Thaha, Yasin dan Ar-Rahman.


وكما قال عليه السلام أيما مسلم ومسلمة قرئ عندهما سورة يس وهما في سكرات الموت نزل عليهما بعدد كل حرف عشرة أملاك يقومون بين أيديهما صفوفاريصلون عليهما ويستغفرون لهما ويشهدون غسلهما ويتبعون جنازتهما.

وكما قال عليه السلام أكثروا قراءة هذه السورة فإن فيها خصائص كثيرة حتى قيل في شرح هذا الحديث أن الجائع اذا قرأها بحضور القلب أشبعه الله من فضله وان قرأها الخائف أذهب الله تعالى حزنه وخوفه وان قرأها الفقير خلص من دينه واذا قرأها ذوالحاجة قضى الله تعالى حاجته ومن قرأها في الصبح يكون في امان الله الى المساء وفي أي بلدة اذا تليت او فسرت رفع الله تعالى عنهم البلاء والقحط والغلاء والطاعون والوباء والمرض بحرمتها ومن قرأها في الليل يكون أهله في امان الله الى الصبح واذا قرئت على الميت خفضت عنه عذاب القبر ان كان من اهل العذاب والا فتكون في روحه وراحته زيادة لأن القبر روضة من رياض الجنان او حفرة من حفر النيران.

Sebagaimana Rasulullah SAW bersabda: Siapa saja orang muslim dan muslimah dibacakan surat Yasin ketika sakaratul maut, maka turun 10 malaikat di setiap huruf yang dibacakan, mereka berbaris di depan keduanya dengan sholat dan beristighfar untuk keduanya dan para malaikat tadi menyaksikan pemandiannya serta mengantarkan jenazahnya.

Rasulullah juga bersabda: Perbanyaklah kalian membaca surat Yasin ini, karena sesungguhnya surat Yasin memiliki beberapa kekhususan yang banyak. Dalam syarah hadits tersebut dijelaskan bahwa ketika seseorang lapar lalu membaca surat Yasin dengan Hudlurul Qolb (memahami dan merenungi maknanya dengan sungguh) maka Allah akan menjadikannya kenyang, dan barang siapa yang membacanya di waktu pagi maka akan dijamin keamanannya oleh Allah sampai waktu sore. Dan dimana saja surat tersebut dibaca maka Allah akan mengangkat bencana, paceklik, dan wabah penyakit darinya sebab kemuliaan surat Yasin itu. Dan barang siapa yang membacanya di waktu malam maka keluarganya akan ditanggung keamanannya oleh Allah sampai pagi hari. Ketika mayit dibacakan surat Yasin, maka berkuranglah siksa kuburnya jika si mayit termasuk orang yang disiksa, dan jika tidak maka bertambahlah kelapangan baginya. Karena sesungguhnya kubur merupakan taman surga atau bisa menjadi lubang neraka bagi si mayit.

Wallahu a'lam.

0 Response to "Tafsir Surat Yasin Syeikh Hamami Zadah (Bag. 1)"

Posting Komentar