Makna "Qoribun" dalam Surat Al-Baqarah: 186

Allah berfirman dalam Surat Al-Baqarah ayat 186 yang berbunyi:

وَإِذَا سَأَلَكَ عِبَادِي عَنِّي فَإِنِّي قَرِيبٌ أُجِيبُ دَعْوَةَ الدَّاعِ إِذَا دَعَانِ فَلْيَسْتَجِيبُوا لِي وَلْيُؤْمِنُوا بِي لَعَلَّهُمْ يَرْشُدُونَ
Artinya: Dan apabila hamba-hamba-Ku bertanya kepadamu tentang Aku, maka (jawablah), bahwasanya Aku adalah dekat. Aku mengabulkan permohonan orang yang berdoa apabila ia memohon kepada-Ku, maka hendaklah mereka itu memenuhi (segala perintah-Ku) dan hendaklah mereka beriman kepada-Ku, agar mereka selalu berada dalam kebenaran.

Menurut satu riwayat dalam kitab Tafsir Ibnu Katsir jilid 1 hal.506, di situ disebutkan bahwa ayat di atas turun berkenaan dengan datangnya seorang Arab badui kepada Nabi Muhammad SAW yang bertanya: "Apakah Tuhan kita itu dekat, sehingga kami dapat munajat/memohon kepada-Nya, atau jauh, sehingga kami harus menyeru-Nya?" Nabi Muhammad SAW terdiam, lalu Allah menurunkan ayat  (S. 2: 186) ini sebagai jawaban atas  pertanyaan itu.

Dalam Tafsir Al-Jalalain, lafal Qoribun yang bermakna dekat itu adalah dekat dari mereka dengan ilmuKU, maka beritahukanlah kepada mereka tentang hal tersebut. Sedangkan dalam Tafsir Al-Qurtuby jilid 1 hal. 686:
قوله تعالى: فإنّي قريب أى بالإجابة وقيل بالعلم وقيل قريب من أوليائي بالإفضال والإنعام.
Lafal Qoribun maksudnya dekat adalah dekat dengan pengabulan do'a. Ada yang mengatakan bahwa maksudnya dekat dengan ilmu, dan ada yang berpendapat bahwa dekat dari para auliya' atau kekasih Allah dengan keutamaan dan anugerah.

Yang perlu diketahui dari makna Qoribun yakni dekat, hal itu bukan menunjukkan arah dan tempat, karena Allah terbebas dari keduanya. Akan tetapi yang dimaksud dekat disini adalah dekat dengan ilmu dan penjagaan, sebagaimana yang telah dijelaskan dalam Tafsir Al-Kabir.

Wallahu a'lam.

0 Response to "Makna "Qoribun" dalam Surat Al-Baqarah: 186"

Posting Komentar