Biografi Imam Abu Syuja' Pengarang Kitab Taqrib

Bagi kalangan pesantren, siapa yang tidak mengenal Imam Abu Syuja' pengarang kitab Taqrib yang fenomenal dan banyak dipelajari para santri. Berikut akan kami sajikan sedikit nukilan dari biografi beliau.

Beliau adalah Imam Ahmad bin Husain bin Ahmad al-Asfahani as-Syafi'i yang populer dengan sebutan Abu Syuja', lahir di Bashrah pada tahun 433 H/1042 M. Penisbatan al-Asfahani merujuk pada kota Isfahan salah satu kota di Persia, Iran. Dalam satu riwayat, Beliau pernah menjabat sebagai menteri pada Dinasti Saljuk pada tahun 447 H/1455 M sehingga beliau dijuluki Syihabuddunya waddin (Bintang Dunia dan Agama).

Abu Syuja' merupakan salah satu pakar fiqih madzhab Syafi'i, beliau mendalami fiqih Syafi'iyah selama kurang lebih 40 tahun. Abu Syuja' meninggal di Madinah dan dimakamkan di masjid yang beliau bangun sendiri di dekat Bab Jibril. Beliau dikaruniai umur yang panjang, yang kurang lebih 160 tahun. Dalam jangka waktu yang sangat panjang itu tak satupun dari anggota tubuhnya yang cacat. Ketika beliau ditanya mengenai rahasianya, beliau menjawab: "Aku tidak pernah menggunakan satupun dari anggota tubuhku untuk maksiat kpada Allah, karena itu Allah senantiasa menjaga tubuhku."

Kitab Ghoyatul Ikhtishor yan dikarang olh Abu Syuja' termasuk karya terindah dalam pokok-pokok fiqih Syafi'iyah. Kitab yang lebih dikenal dengan sebutan Taqrib ini mencakup permasalahan luas meskipun bentuknya kecil. Karena begitu padat dan pentingnya kitab ini, para Ulama' banyak yang mensyarahi, mengomentari dan memberi catatan kaki. Diantara syarah-syarah tersebut adalah:
  1. Kitab Kifayatul Akhyar fi Halli Ghoyatil Ikhtishor, karya Imam Taqiyuddin bin Abu Bakar bin Muhammad al-Husaini ad-Dimasyqi.
  2. Kitab al-Iqna' fi Halli Alfadzi Abi Syuja', karya Syeikh Syamsuddin Muhammad al-Khatib as-Syirbini.
  3. Kitab Fathul Qarib al-Mujib, karya Abu Abdillah Syamsyuddin Muhammad bin Qasim al-Ghazzi.
Dan masih banyak lagi yang lainnya selain yang kami sebutkan di atas.
Demikian sekilas tentang Imam Abu Syuja', semoga bermanfaat.
Wallahu a'lam.

0 Response to "Biografi Imam Abu Syuja' Pengarang Kitab Taqrib"

Posting Komentar