Makna Perintah Mendirikan Sholat

Sholat diwajibkan bagi umat Islam yang berakal dan mumayyiz berdasarkan ayat Al-Qur'an yang artinya "Dirikanlah sholat". Mendirikan sholat maksudnya adalah melaksanakan sholat beserta rukun-rukunnya, sunah-sunahnya dan hay`ah-hay`ah sholat pada waktunya. Menurut satu pendapat, mendirikan sholat maksudnya adalah melanggengkannya.

Hal tersebut tertuang dalam kitab Tafsir al-Qurtuby yang berbunyi :

 قوله تعالى : ويقيمون الصلاة معطوف جملة على جملة . وإقامة الصلاة أداؤها  بأركانها وسننها وهيئاتها في أوقاتها ; على ما يأتي بيانه . يقال : قام  الشيء أي دام وثبت ، وليس من القيام على الرجل ; وإنما هو من قولك : قام  الحق أي ظهر وثبت ;
قال الشاعر :  وقامت الحرب بنا على ساق
وقال آخر :  وإذا يقال أتيتم لم يبرحوا     حتى تقيم الخيل سوق طعان
وقيل  : ( يقيمون ) يديمون ، وأقامه أي أدامه ; وإلى هذا المعنى أشار عمر بقوله :  ( من حفظها وحافظ عليها حفظ دينه ، ومن ضيعها فهو لما سواها أضيع . )

Begitu pula dalam kitab Tafsir Ibnu Katsir juga disinggung:

قال ابن عباس : ( ويقيمون الصلاة أي : يقيمون الصلاة بفروضها .

Ibnu abbas berkata : dan orang-orang yang mendirikan sholat maksudnya mendirikan sholat dengan kefardhuannya.

وقال الضحاك ، عن ابن عباس : إقامة الصلاة إتمام الركوع والسجود والتلاوة والخشوع والإقبال عليها وفيها .

Ad-dhohak dari ibnu abbas berkata :  mendirikan sholat adalah menyempurnakan ruku’, sujud, bacaan, khusyu' dan menghadap pada dan dalam sholat.

وقال قتادة : إقامة الصلاة : المحافظة على مواقيتها ، ووضوئها ، وركوعها وسجودها .

Qotadah berkata :  mendirikan sholat adalah menjaga waktu-waktunya, wudhunya, ruku’ dan sujudnya.

وقال  مقاتل بن حيان : إقامتها : المحافظة على مواقيتها ، وإسباغ الطهور فيها ،  وتمام ركوعها وسجودها ، وتلاوة القرآن فيها ، والتشهد والصلاة على النبي  صلى الله عليه وسلم فهذا إقامتها .

Muqotil bin Hayyan berkata : mendirikan sholat adalah menjaga waktu-waktunya, menyempurnakan bersuci, menyempurnakan ruku’ sujudnya, membaca qur'an di dalamnya, membaca tasyahud dan sholawat kepada Nabi shollallohu alaihi wasallam,  inilah yang dinamakan mendirikan sholat.

Ada pula penjelasan mengenai makna mendirikan sholat dalam kitab Tafsir al-Kabir yang berbunyi:

واعلم  أن الأولى حمل الكلام على ما يحصل معه من الثناء العظيم ، وذلك لا يحصل  إلا إذا حملنا الإقامة على إدامة فعلها من غير خلل في أركانها وشرائطها

Makna mendirikan sholat adalah langgeng melaksanakan sholat tanpa ada cacat pada rukun dan syarat-syaratnya.

Dalam kitab Tafsir Jalalain juga diterangkan:
معنى كلمة وَأَقِيمُوا في القرآن الكريم
قوم يقال: قام يقوم قياما، فهو قائم، وجمعه: قيام، وأقامه غيره. وأقام  بالمكان إقامة، والقيام على أضرب: قيام بالشخص؛ إما بتسخير أو اختيار،  وقيام للشيء هو المراعاة للشيء والحفظ له، وقيام هو على العزم على الشيء، فمن  القيام بالتسخير قوله تعالى: ﴿منها قائم وحصيد﴾ [هود/100]، وقوله: ﴿ما  قطعتم من لينة أو تركتموها قائمة على أصولها﴾ [الحشر/5]، ومن القيام الذي  هو بالاختيار قوله تعالى: ﴿أم من هو قانت آناء الليل ساجدا وقائما﴾  [الزمر/9].
(وَ) حرف عطف        (أَقِيمُ) فعل        (وا) ضمير
﴿وأقيموا  الصلاة وآتوا الزكاة واركعوا مع الراكعين﴾ صلوا مع المصلين محمد وأصحابه،  ونزل في علمائهم وكانوا يقولون لأقربائهم المسلمين اثبتوا على دين محمد  فإنه الحق.

Jadi kesimpulannya adalah sholat tidak hanya mengerjakan (af'al) saja, tetapi juga ada ketentuan yang harus dipenuhi, seperti : mengerjakan sholat sesuai yang dikerjakan Rasulullah dan para sahabatnya, sholat yang sudah ditentukan waktu-nya (fardhu), sholat di luar wajib (sunnah) yang dikerjakan Rasulullah dan para sahabatnya. dan ketentuan-ketentuan lainnya. Perintah sholat itu tidak hanya mengerjakan secara fisik dan qaul lafdhi saja,  tetapi juga membutuhkan istiqomah, ketentuan waktu dan tempat, syarat  dan rukun. Dan pelaksanaan sholat tidak boleh di luar yang sudah dicontohkan Rasulullah SAW dan para sahabatnya, atau sholat sekehendak sendiri di luar ketentuan syari'at. 

Wallahu a’lam. 

0 Response to "Makna Perintah Mendirikan Sholat"

Posting Komentar