Tafsir Surat Yasin Syeikh Hamami Zadah (Bag. 4)


 لِتُنْذِرَ قَوْمًا مَا أُنْذِرَ آبَاؤُهُمْ فَهُمْ غَافِلُونَ (6) لَقَدْ حَقَّ الْقَوْلُ عَلَى أَكْثَرِهِمْ فَهُمْ لَا يُؤْمِنُونَ (7) إِنَّا جَعَلْنَا فِي أَعْنَاقِهِمْ أَغْلَالًا فَهِيَ إِلَى الْأَذْقَانِ فَهُمْ مُقْمَحُونَ (8)

Artinya:
6. Agar kamu memberi peringatan kepada kaum yang bapak-bapak mereka belum pernah diberi peringatan, karena itu mereka lalai.
7. Sesungguhnya telah pasti berlaku perkataan (ketentuan Allah) terhadap kebanyakan mereka, kerena mereka tidak beriman.
8. Sesungguhnya Kami telah memasang belenggu dileher mereka, lalu tangan mereka (diangkat) ke dagu, maka karena itu mereka tertengadah.


(لتنذر قوما ما أنذر آباؤهم ) اللام تعليل للتنزيل, قيل فما فى ما أنذر للنفي أى لم تنذر آباؤهم الأقربون لتطاول مدة الفترة, وقيل ما بمعنى الذي اى لتنذر قوما الذي أنذر بهم آباؤهم. 
(فهم غافلون) عن الإيمان والرشد يعني يا محمد أنزلنا اليك هذا القرأن لتخوف به القوم الذين لم يخوفوا والمراد من القوم قوم قريش لأنه من زمان إسماعيل عليه السلام الى زمانك ما جاءهم نبي ولا مرسل لأنهم غافلون لا يعرفون دينا ولا شريعة.

(Agar kamu memberi peringatan kepada kaum yang bapak-bapak mereka belum penah diberi peringatan), Huruf Lam di awal lafal Litundzira berfaedah Ta'lil (alasan) terhadap lafal Tanziil pada ayat sebelumnya. Menurut suatu pendapat, bahwa Ma dalam kalimat Ma Undzira itu huruf nafi yang berarti "Bapak-bapak mereka belum pernah diberi peringatan" karena panjangnya masa Fatroh yakni masa kekosongan tidak diturunkannya Rasul kepada suatu kaum.
Dan menurut satu pendapat lagi, bahwa Ma bermakna alladzi  isim maushul, yang berarti "Supaya kamu memberi peringatan kepada kaum yang mana bapak-bapak mereka diberi peringatan".

(Maka mereka lalai) dari iman dan petunjuk. Yakni Hai Muhammad, Aku (Allah) menurunkan Al-Qur'an kepadamu untuk menakut-nakuti kaum yang tidak merasa takut. Yang dimaksud kaum dalam ayat tersebut adalah Kaum Quraisy. Karena dari zaman Nabi Ismail AS hingga zamanmu (zaman Nabi Muhammad SAW), mereka tidak pernah diutus satu Nabi pun atau seorang Rasul, oleh karena itu mereka lalai, tidak mengerti tentang agama dan syari'at.


(لقد حق القول على أكثرهم فهم لا يؤمنون) أى وجبت كلمة العذاب على أكثرهم لأن الله تعالى علم بعلمه الأزلي أن أكثر قريش لا يؤمنون بالله ورسالة محمد عليه الصلاة والسلام كأبي جهل و عتبة و شيبة والمغيرة وأمثالهم. فالخطاب فى حق هؤلاء الأشقياء لتأكيد الحجة لا لطلب الإيمان لأن الله تعالى علم أنهم ليسوا من أهل التوحيد والإيمان.

(Sesungguhnya telah pasti berlaku perkataan (ketentuan Allah) terhadap kebanyakan mereka, kerena mereka tidak beriman), kata siksa disematkan kepada mereka (yang tidak beriman) karena Allah mengetahui bahwa kebanyakan kaum Quraisy tidak beriman kepada Allah dan kerasulan Muhammad SAW, seperti Abu Jahal, 'Utbah, Syaibah, Mughirah dan lain-lain.  Pesan yang terkandung dalam ayat itu yang merujuk pada kebenaran tentang orang-orang yang celaka dari golongan Quraisy sebagai bentuk Ta'kid (penguat) sebuah hujjah, bukan untuk mengajak agar beriman. Karena Allah SWT mengetahui bahwa mereka itu bukanlah ahli tauhid dan iman, artinya mereka ditetapkan sebagai orang yang tidak beriman kepada Allah dan RasulNya.


(إنا جعلنا فى أعناقهم أغلالا فهي الى الأذقان فهم مقمحون) اى رافعون رؤوسهم غاضون أبصارهم لأن عمود الغل فى عنق المغلول يدخل تحت ذقنه فيمنعه خفض رأسه. وهذه الأية على سبيل التمثيل لمن لا يؤمن بالله ويتكبر بمن كانت يده الى عنقه ورفع رأسه الى السماء ولم ير شيئا. وقيل هي أخبار عن أحوال الكفارفى جهنم.

(Sesungguhnya Kami telah memasang belenggu dileher mereka, lalu tangan mereka (diangkat) ke dagu, maka karena itu mereka tertengadah) yakni kepala mereka terangkat dengan mata terpejam karena tiang-tiang belenggu pada leher yang masuk ke bawah dagu, sehingga tidak bisa menundukkan kepala.
Ayat ini hanyalah permisalan bagi orang yang tidak beriman kepada Allah SWT dan orang yang menyombongkan diri dengan hanya mendongak ke langit tanpa melihat sesuatu pun. Menurut suatu pendapat, ayat tersebut merupakan gambaran keadaan orang-orang kafir di neraka jahannam.

Wallahu a'lam.

0 Response to "Tafsir Surat Yasin Syeikh Hamami Zadah (Bag. 4)"

Posting Komentar