Qaul Qadim yang Masih Dijadikan Pegangan Hukum

Bagi kalangan Syafi'iyyah atau pengikut madzhab Imam Syafi'i, pasti tidak asing lagi dengan istilah Qaul Qadim dan Qaul Jadid. Yang dinamakan Qaul Qadim adalah pendapat Imam Syafi'i sebelum beliau pindah ke Mesir, yakni saat beliau masih di Iraq. Sedangkan Qaul Jadid adalah pendapat Imam Syafi'i sewaktu beliau di Mesir hingga Akhir hayat beliau. 

Imam  Syafi’i telah mencabut Qaul Qadim nya, sehingga ulama sepakat tidak memperbolehkan menggunakan Qaul Qadim, kecuali 17 masalah yang tetap dipertahankan oleh ulama. Dalam kitab al-Bujairami ‘Alal Khotib disebutkan ada 20 an masalah yang tetap dipertahankan dan dibuat pijakan hukum oleh ulama. 

Berikut sebagian masalah dari Qaul Qadim yang masih dipergunakan oleh sebagian ulama :

  1. Tidak wajib menjauh dari najis pada air yang tidak mengalir atau Tidak wajib menjauhi dari najis di dalam air yang telah mencapai dua  qullah (174,580 liter/ kubus ukuran + 55,9 cm).
  2. Sunnah mengucapkan Tatswib (Assholatu khoirum minannaum) pada adzan, baik adzan pertama atau kedua.
  3. Wudlu tidak batal dengan menyentuh mahrom.
  4. Air mengalir yang terkena najis, tetap suci apabila tidak berubah.
  5. Bersuci pakai batu tidak cukup apabila air kencing menyebar ke mana-mana.
  6. Sunnah melaksanakan sholat isya awal waktu.
  7. Waktu sholat maghrib tidak habis dengan sholat 5 rokaat (Berakhirnya waktu Maghrib sampai hilangnya mega yang berwarna merah).
  8. Makmum tidak disunnahkan baca surat pada rokaat ke 3 dan 4 (ini khusus untuk orang yang pertama melakukan sholat dengan cara sendirian,  kemudian dia niat berjamaah karena ada sholat jamaah).
  9. Makruh memotong kuku mayit.
  10. Tidak memandang nishob dalam harta karun.
  11. Syarat tahallul pada haji dengan udzur sakit.
  12. Haram memakan kulit bangkai yang telah di samak.
  13. Sayid wajib dihad (hukuman), karena menyetubuhi mahrom yang menjadi budak.
  14. Diperbolehkannya persaksian anak atas orangtua.
  15. Sunah bagi makmum mengeraskan bacaan Amin dalam shalat Jahriyyah (shalat yang disunatkan mengeraskan bacaan).
  16. Sunat membuat tanda batas dalam shalat ketika tidak ada pembatas di depannya.
  17. Diperbolehkan bagi orang yang melakukan shalat tidak berjama’ah, untuk niat makmum di tengah-tengah pelaksaan shalatnya.
  18. Ahli waris boleh mengqodlo` puasa keluarganya yang meninggal dunia.
  19. Boleh memaksa syarik (orang yang mempunyai hak bersama) untuk membangun dan merehab barang yang rusak.
  20. Mahar (mas kawin) yang belum diserahkan kepada istri ketika rusak harus diganti dengan Dlomanul Yad (ganti yang ditetapkan syara’) artinya  kalau barang tersebut termasuk mitsli (bisa ditimbang atau ditakar)  wajib diganti dengan barang sejenis, kalau mutaqawwam (selain mitsli)  wajib diganti dengan harga standar.

ﺣﺎﺷﻴﺔ ﺍﻟﺒﺠﻴﺮﻣﻲ ﻋﻠﻰ ﺍﻟﺨﻄﻴﺐ - ﺝ : - ١ ﺹ : ٥٥-٥٤
ﻭﺍﻟﻔﺘﻮﻯ  ﻋﻠﻰ ﻣﺎ ﻓﻲ ﺍﻟﺠﺪﻳﺪ ﺩﻭﻥ ﺍﻟﻘﺪﻳﻢ ، ﻓﻘﺪ ﺭﺟﻊ ﺍﻟﺸﺎﻓﻌﻲ ﻋﻨﻪ ﻭﻗﺎﻝ : ﻻ ﺃﺟﻌﻞ ﻓﻲ ﺣﻞ  ﻣﻦ ﺭﻭﺍﻩ ﻋﻨﻲ ﺇﻻ ﻓﻲ ﻣﺴﺎﺋﻞ ﻳﺴﻴﺮﺓ ﻧﺤﻮ ﺍﻟﺴﺒﻌﺔ ﻋﺸﺮ ﻳﻔﺘﻲ ﻓﻴﻬﺎ ﺑﺎﻟﻘﺪﻳﻢ ، ﻭﻫﺬﺍ  ﻛﻠﻪ ﻓﻲ ﻗﺪﻳﻢ ﻟﻢ ﻳﻌﻀﺪﻩ ﺣﺪﻳﺚ ﺻﺤﻴﺢ ﻻ ﻣﻌﺎﺭﺽ ﻟﻪ ، ﻓﺈﻥ ﺍﻋﺘﻀﺪ ﺑﺪﻟﻴﻞ ﻓﻬﻮ ﻣﺬﻫﺐ  ﺍﻟﺸﺎﻓﻌﻲ ﻓﻘﺪ ﺻﺢ ﺃﻧﻪ ﻗﺎﻝ : ﺇﺫﺍ ﺻﺢ ﺍﻟﺤﺪﻳﺚ ﻓﻬﻮ ﻣﺬﻫﺒﻲ ﻭﺍﺿﺮﺑﻮﺍ ﺑﻘﻮﻟﻲ ﻋﺮﺽ  ﺍﻟﺤﺎﺋﻂ .
ﻓﺎﺋﺪﺓ : ﺍﻟﻤﺴﺎﺋﻞ ﺍﻟﺘﻲ ﻳﻔﺘﻲ ﺑﻬﺎ ﻋﻠﻰ ﺍﻟﻘﻮﻝ  ﺍﻟﻘﺪﻳﻢ ﺗﺒﻠﻎ ﺍﺛﻨﺘﻴﻦ ﻭﻋﺸﺮﻳﻦ ﻣﺴﺄﻟﺔ ﻣﻨﻬﺎ ﻋﺪﻡ ﻭﺟﻮﺏ ﺍﻟﺘﺒﺎﻋﺪ ﻋﻦ ﺍﻟﻨﺠﺎﺳﺔ ﻓﻲ  ﺍﻟﻤﺎﺀ ﺍﻟﺮﺍﻛﺪ ﻭﺍﻟﺘﺜﻮﻳﺐ ﻓﻲ ﺍﻷﺫﺍﻥ ﻭﻋﺪﻡ ﺍﻧﺘﻘﺎﺽ ﺍﻟﻮﺿﻮﺀ ﺑﻤﺲ ﺍﻟﻤﺤﺎﺭﻡ ﻭﻃﻬﺎﺭﺓ  ﺍﻟﻤﺎﺀ ﺍﻟﺠﺎﺭﻱ ﺍﻟﻜﺜﻴﺮ ﻣﺎ ﻟﻢ ﻳﺘﻐﻴﺮ ، ﻭﻋﺪﻡ ﺍﻻﻛﺘﻔﺎﺀ ﺑﺎﻟﺤﺠﺮ ﺇﺫﺍ ﺍﻧﺘﺸﺮ ﺍﻟﺒﻮﻝ  ﻭﺗﻌﺠﻴﻞ ﺻﻼﺓ ﺍﻟﻌﺸﺎﺀ ﻭﻋﺪﻡ ﻣﻀﻲ ﻭﻗﺖ ﺍﻟﻤﻐﺮﺏ ﺑﻤﻀﻲ ﺧﻤﺲ ﺭﻛﻌﺎﺕ ، ﻭﻋﺪﻡ ﻗﺮﺍﺀﺓ ﺍﻟﺴﻮﺭﺓ  ﻓﻲ ﺍﻷﺧﻴﺮﺗﻴﻦ ، ﻭﺍﻟﻤﻨﻔﺮﺩ ﺇﺫﺍ ﺃﺣﺮﻡ ﺑﺎﻟﺼﻼﺓ ﺛﻢ ﺃﻧﺸﺄ ﺍﻟﻘﺪﻭﺓ ، ﻭﻛﺮﺍﻫﻴﺔ ﻗﻠﻢ  ﺃﻇﻔﺎﺭ ﺍﻟﻤﻴﺖ ، ﻭﻋﺪﻡ ﺍﻋﺘﺒﺎﺭ ﺍﻟﻨﺼﺎﺏ ﻓﻲ ﺍﻟﺮﻛﺎﺯ ، ﻭﺷﺮﻁ ﺍﻟﺘﺤﻠﻞ ﻓﻲ ﺍﻟﺤﺞ ﺑﻌﺬﺭ  ﺍﻟﻤﺮﺽ ، ﻭﺗﺤﺮﻳﻢ ﺃﻛﻞ ﺟﻠﺪ ﺍﻟﻤﻴﺘﺔ ﺑﻌﺪ ﺍﻟﺪﺑﺎﻍ ، ﻭﻟﺰﻭﻡ ﺍﻟﺤﺪ ﺑﻮﻁﺀ ﺍﻟﻤﺤﺮﻡ ﺑﻤﻠﻚ  ﺍﻟﻴﻤﻴﻦ ، ﻭﻗﺒﻮﻝ ﺷﻬﺎﺩﺓ ﻓﺮﻋﻴﻦ ﻋﻠﻰ ﻛﻞ ﻣﻦ ﺍﻷﺻﻠﻴﻦ ، ﻭﻏﺮﺍﻣﺔ ﺷﻬﻮﺩ ﺍﻟﻤﺎﻝ ﺇﺫﺍ  ﺭﺟﻌﻮﺍ ﻭﺗﺴﺎﻗﻂ ﺍﻟﺒﻴﻨﺘﻴﻦ ﻋﻨﺪ ﺍﻟﺘﻌﺎﺭﺽ ، ﻭﺇﺫﺍ ﻛﺎﻧﺖ ﺇﺣﺪﻯ ﺍﻟﺒﻴﻨﺘﻴﻦ ﺷﺎﻫﺪﻳﻦ  ﻭﻋﺎﺭﺿﻬﺎ ﺷﺎﻫﺪ ﻭﻳﻤﻴﻦ ﻳﺮﺟﺢ ﺍﻟﺸﺎﻫﺪﺍﻥ ﻋﻠﻰ ﺍﻟﻘﺪﻳﻢ ﻭﻋﺪﻡ ﺗﺤﻠﻴﻒ ﺍﻟﺪﺍﺧﻞ ﻣﻊ ﺑﻴﻨﺘﻪ  ﺇﺫﺍ ﻋﺎﺭﺿﻬﺎ ﺑﻴﻨﺔ ﺍﻟﺨﺎﺭﺝ ﻭﺇﺫﺍ ﺗﻌﺎﺭﺿﺖ ﺍﻟﺒﻴﻨﺘﺎﻥ ﻭﺃﺭﺧﺖ ﺇﺣﺪﺍﻫﻤﺎ ﻗﺪﻣﺖ ﻋﻠﻰ  ﺍﻟﻘﺪﻳﻢ ﻭﻫﻮ ﺍﻟﺼﺤﻴﺢ ﻋﻨﺪ ﺍﻟﻘﺎﺿﻲ ﺣﺴﻴﻦ ، ﻭﺇﺫﺍ ﻋﻠﻘﺖ ﺍﻷﻣﺔ ﻣﻦ ﻭﻁﺀ ﺷﺒﻬﺔ ﺛﻢ ﻣﻠﻜﻬﺎ  ﺍﻟﻮﺍﻃﺊ ﺻﺎﺭﺕ ﺃﻡ ﻭﻟﺪ ﻋﻠﻰ ﺃﺣﺪ ﺍﻟﻘﻮﻟﻴﻦ ﻓﻲ ﺍﻟﻘﺪﻳﻢ ﻭﺍﺧﺘﻠﻒ ﻓﻲ ﺍﻟﺼﺤﻴﺢ ، ﻭﺗﺰﻭﻳﺞ  ﺃﻡ ﺍﻟﻮﻟﺪ ﻓﻴﻪ ﻗﻮﻻﻥ ﻭﺍﺧﺘﻠﻒ ﻓﻲ ﺍﻟﺼﺤﻴﺢ ﻭﺍﻟﻠﻪ ﺃﻋﻠﻢ.

Wallahu a'lam.

0 Response to "Qaul Qadim yang Masih Dijadikan Pegangan Hukum"

Posting Komentar