Tafsir Surat Yasin Syeikh Hamami Zadah (Bag. 2)


وفي لفظ يس خمسة أقوال: قال بعض المفسرين يس يا إنسان, وعادة العرب أنهم يأخذون من كل كلمة حرفا ثم يتلفظون به ويأخذون من ياء النداء يا, ومن الإنسان سينا, فركبوهما فصار يس والمراد منه يا محمد عليه الصلاة والسلام.
وقال بعض المفسرين المراد منه يا سيد المرسلين.
وقال بعضهم يس إسم من أسماء القرأن.
وقال بعضهم يس إسم من أسماء الله تعالى.
وقال بعضهم يس إسم السورة.

Ada 5 pendapat mengenai lafal "Yasin" :
  1. Sebagian Ulama tafsir mengatakan bahwa Yasin merupakan singkatan dari Yaa Insanu , yang artinya "Hai Manusia". Orang Arab memiliki kebiasaan menyingkat suatu kalimat, yang tiap kata disingkat satu huruf darinya. Kemudian singkatan tersebut diucapkan sesuai susunannya. Misalnya huruf Ya' singkatan dari Yaa Nida' (panggilan), dan huruf Sin singkatan dari Insanu (manusia), sehingga jika digabung menjadi Yasin, yang maksudnya adalah Hai Muhammad SAW.
  2. Sebagian Ulama tafsir ada yang mengatakan bahwa maksud dari Yasin adalah Yaa Sayyidul Mursalin (Hai Sayyidnya para Rasul).
  3. Sebagian Ulama tafsir yang lain berpendapat bahwa Yasin merupakan salah satu nama Al-Qur'anul Karim.
  4. Sebagian Ulama tafsir juga ada yang berpendapat bahwa Yasin adalah salah satu nama Allah SWT.
  5. Dan sebagian yang lain mengatakan bahwa Yasin adalah nama surat dalam Al-Qur'an.

وذكر فى تفسير الاستراباذي أن الله تعالى أربعة آلاف اسم. ألف منها لا يعرفه الا الله تعالى. وألف منها لايعرفه غير الملائكة. وألف في اللوح المحفوظ. وثلثمائة فى التوراة. وثلثمائة فى الإنجيل. وثلثمائة فى الزبور. ومائة منها فى القرأن تسعة وتسعون ظاهرة وواحد منها خفي وهو الاسم الأعظم لايعرفه الا الأنبياء والمرسلون.

Disebutkan dalam kitab Tafsir al-Astrabadzi, Sesungguhnya Allah SWT mempunyai 4000 nama. 1000 diantaranya hanya Allah SWT yang mengetahuinya, 1000 nama lainnya hanya diketahui oleh para malaikat, 1000 nama tertulis di Lauhil Mahfudz, 300 nama disebutkan dalam kitab Taurat, 300 nama disebutkan dalam kitab Injil, 300 nama disebutkan dalam kitab Zabur, sedangkan 100 nama ada dalam kitab suci Al-Qur'an yang mana ada 99 nama yang telah jelas diketahui dan ada 1 nama yang samar yang hanya diketahui oleh para Nabi dan Rasul.

Wallahu a'lam.

1 Response to "Tafsir Surat Yasin Syeikh Hamami Zadah (Bag. 2)"