Keikhlasan

Dalam mengerjakan sesuatu apapun itu, kerelaan dan keikhlasan hati adalah 2 hal yang mutlak. Keikhlasan bukan hanya sekedar bibir yang berucap tapi juga kesungguhan hati yang dibarengi dengan niat yang tulus. Keikhklasan itu berdasar pada kerelaan diri sendiri bukan atas paksaan atau motif selain mencari keridloan Allah. Keikhlasan adalah salah satu karakter yang harus dimiliki seseorang untuk mengabdi kepada Allah sesempurna mungkin.
Karena di dalam keikhlasan terdapat banyak kekuatan dan cahaya. maka kita perlu menanamkan keikhlasan di dalam diri kita. Jika tidak, apa yang kita capai selama ini dalam amal yang tersembunyi akan hilang sebagian dan tak akan kokoh.
Keikhlasan ada kalanya terwujud dalam bentuk Perngorbanan. Pengorbanan berarti kepedulian seseorang dalam membantu dan menolong sesama tanpa pamrih. Menurut para psikologis, sifat keikhlasan dari sebuah pengorbanan ini memberikan efek peneguhan, membersihkan hati dan pikiran sehingga melahirkan akal sehat serta menguatkan pengendalian emosi. Dampak lainnya yaitu menumbuhkan sikap terbuka, disiplin, bertanggungjawab, sabar dan mudah berempati pada orang lain.
Jika niat baik dan Keikhlasan dalam menjalankan suatu pengorbanan bertujuan untuk mencari ridlo Allah, maka senantiasa Allah akan meningkatkan derajat kemuliaannya.
Seperti yang sudah kita ketahui bersama, keikhlasan dalam pengorbanan yang sudah dicontohkan oleh Nabi Ibrahim untuk berkurban (menyembelih anaknya sendiri) atas dasar perintah Allah dalam menguji keimanan.
Coba direnungkan...!!!
Tidaklah termasuk dalam perbuatan yang ikhlas jika tidak untuk tujuan kebaikan dan kebenaran.

0 Response to "Keikhlasan"

Posting Komentar