(Ta'limul Muta'allim) Pasal 2: Niat Dalam Mencari Ilmu



فصل فى النية فى حال التعلم

ثم لابد له من النية فى زمان تعلم العلم، إذ النية هى الأصل فى جميع الأفعال لقوله عليه السلام: إنما الأعمال بالنيات. حديث صحيح. [روى] عن رسول الله صلى الله عليه وسلم: كم من عمل يتصور بصورة عمل الدنيا، ثم يصير بحسن النية من أعمال الآخرة، وكم من عمل يتصور بصورة عمل الآخرة ثم يصير من أعمال الدنيا بسوء النية.

Berniat sewaktu akan belajar itu wajib, karena niat itu menjadi pokok dari segala hal, sebagaimana sabda Nabi SAW : Sesungguhnya amal-amal perbuatan itu tergantung niatnya” Hadits shahih. Dari beliau pula diriwayatkan sebuah hadits : ”Banyak amal perbuatan yang berbentuk amal dunia, lalu menjadi amal akhirat karena bagusnya niat. Dan banyak amal yang berbentuk amal akhirat yang karena buruk niatnya maka menjadi amal dunia.”


Niatan Baik dan Buruk.

وينبغى أن ينوى المتعلم بطلب العلم رضاء الله والدار الآخرة، وإزالة الجهل عن نفسه، وعن سائر الجهال، وإحياء الدين وإبقاء الإسلام، فإن بقاء الإسلام بالعلم، ولايصح الزهد والتقوى مع الجهل. وأنشدنا الشيخ الإمام الأجل الأستاذ برهان الدين صاحب الهداية لبعضهم شعرا: فـساد كـبير عـالم مـتهتـك وأكـبر منه جاهل متنسك هما فتنة للعالمين عظيمة لمن بهما فى دينه يتمسك وينوى به: الشكر على نعمة العقل، وصحة البدن, ولا ينوى به إقبال الناس عليه، ولا استجلاب حطام الدنيا، والكرامة عند السلطان وغيره.


Di waktu belajar hendaklah berniat mencari ridha Allah SWT, kehidupan akhirat, memerangi kebodohan sendiri dan segenap kaum yang bodoh, mengembangkan agama dan melanggengkan islam, sebab kelanggengan islam itu harus diwujudkan dengan ilmu. Zuhud dan taqwapun tidak sah jika tanpa didasari ilmu. Syaikhul Imam Burhanuddin Shahibul Hidayah menyanyikan syair gubahan sebagian ulama: Hancur lebur, orang alim tak teratur. Lebih lebur, bila si jahil ibadah ngawur. Keduanya menjadi fitnah, menimpa ganas di dunia. Atas yang mengikutinya, sebagai dasar agama.


Dengan belajar pula, hendaklah diniati untuk mensyukuri kenikmatan akal dan badan yang sehat. Belajar jangan diniatkan untuk mencari pengaruh, kenikmatan dunia ataupun kehormatan di depan sultan dan penguasai-penguasa lain.


وقال محمد بن الحسن رحمة الله عليهما: لو كان الناس كلهم عبيدى لأعتقتهم وتبرأت عن ولائهم. [وذلك لأن] من وجد لذة العلم والعمل به، قلما يرغب فيما عند الناس. أنشدنا الشيخ الإمام الأجل الأستاذ قوام الدين حماد بن إبراهيم بن إسماعيل الصفار الأنصارى إملاء لأبى حنيفة رحمة الله عليه: من طلب العلم للمعاد فاز بفضل من الرشاد. فـيالخسـران طالـبيـه لـنيل فـضل من العباد

Muhammad bin al-Hasan berucap: "andaikan seluruh manusia itu manjadi budak belianku, niscaya kumerdekakan seluruhnya dan bebaskan dari kekuasaanku.” 

Siapa saja telah merasakan kelezatan rasa ilmu dan amal, maka semakin kecillah kegemarannya akan harta benda dunia. Syaikhul Imamil Ustadz Qawamuddin Hammad bin Ibrahim bin ismail Ash-Shoffar Al-Anshoriy membacakan kami syair imla’ Abu Hanifah :
Siapa saja yang menuntut ilmu untuk hari kemudian untuk mendapat keutamaan, anugrah Allah penunjuk jalan. Sungguh merugi, penuntut ilmu yang hanya untuk mendapat pemberian dari hamba ilahi.


اللهم إلا إّذا طلب الجاه للأمر بالمعروف والنهى عن المنكر، وتنفيذ الحق، وإعزاز الدين لا لنفسه وهواه، فيجوز ذلك بقدر ما يقيم به الأمر بالمعروف والنهى عن المنكر. وينبغى لطالب العلم: أن يتفكر فى ذلك، فإنه يتعلم العلم بجهد كثير، فلايصرفه إلى الدنيا الحقيرة القليلة الفانية. (قال النبى صلى الله عليه وسلم: اتقوا الدنيا، فوالذى نفس محمد بيده إنها لأسحر من هاروت وماروت). شعر:
هى الـدنيا أقـل مـن الـقـليل وعاشقها أذل من الذليل
تصم بسحرها قوما وتعمى فـهم مـتخيرون بلا دليل


Tetapi jika dalam meraih keagungan itu demi amar ma’ruf nahi munkar, memperjuangkan kebenaran dan meluhurkan agama bukan untuk keperluan hawa nafsu sendiri, maka diperbolehkan sejauh batas telah dapat menegakkan amar ma’ruf nahi munkar tersebut.
Penuntut ilmu hendaknya memperhatikan apa yang tersebut diatas. Ia telah mengatasi kepayahan yang cukup banyak, maka jangan sampai ilmu yang telah ia peroleh itu digunakan sarana bendahara duniawi yang hina, sedikit nilainya dan segera hancur ini. 
Syair menyebutkan : Dunia itu sedikit, dan paling sedikit Pecintanyapun hina, nan hina dina
Sihir dunia, membuat tuli dan buta Kebingungan, tak tahu ke mana jalan



وينبغى لأهل العلم أن لايذل نفسه بالطمع فى غير المطمع ويحترز عما فيه مذلة العلم وأهله. ويكون متواضعا، والتواضع بين التكبر والذلة، والعفة كذلك، ويعرف ذلك فى كتاب الأخلاق أنشدنى الشيخ الإمام الأستاذ ركن الدين المعروف بالأديب المختار شعرا لنفسه:
إن الـتواضـع مـن خـصـال المـتقى وبه التقى إلى المـعالى يرتقى
ومن العجائب عجب من هو جاهل فى حالة أهو السعيد أم الشقى
أم كـيـف يخــتم عـمـره أو روحــه يوم الـنوى مـتسفل أو مرتقى
والـكـــبـريـاء لـربـنـا صــفـة لــــه مـخـصـوصة فتجـنبها واتقى

Orang berilmu itu hendaklah jangan membuat dirinya sendiri menjadi hina lantaran tamak terhadap sesuatu yang tidak semestinya, jangan sampai terjerumus ke dalam lembah kehinaan ilmu dan ahli ilmu. Ia supaya berbuat tawadu’ (sikap tengah-tengah antara sombong dan kecil hati), berbuat iffah, yang keterangan lebih jauhya bisa kita dapati dalam kitab akhlaq.

Syaikhul Imamil Ustadz Ruknul Islam yang terkenal sebagai sastrawan ternama mengemukakan gubahan syi’irnya:

Tata kerama, benar-benar budi orang taqwa Ia menanjak tinggi, dengan sikap
Ajaib, ajaiblah orang yang tidak tahu dirinya sendiri Bahagiakah nanti, atau celaka diri ?
Bagaimana waktu meninggalkan dunia, pungkasan umur nyawanya. Su'ul khatimah, ataukah husnul khatimah?
Keagungan, itu khusus sifat Tuhan kita, Singkirkanlah dan waspadalah!


قال أبو حنيفة رحمة الله عليه لأصحابه: عظموا عمائمكم ووسعوا أكمامكم. وإنما قال ذلك لئلا يستخف بالعلم وأهله. وينبغى لطالب العلم أن يحصل كتاب الوصية التى كتبها أبو حنيفة رضى الله عليه ليوسف بن خالد السمتى عند الرجوع إلى أهله، يجده من يطلب العل وقد كان أستاذنا شيخ الإسلام برهان الدين على بن أبو بكر قدس الله روحه العزيز أمرنى بكتابته عند الرجوع إلى بلدى فكتبته، ولابد للمدرس والمفتى فى معاملات الناس منه، وبالله التوفيق.

Kepada sahanat-sahabatnya, Abu Hanifah berkata : ”besarkanlah putaran serban kalian, dan perlebarlah lobang lengan baju kalian”. ucapan ini dikemukakan agar supaya ilmu dan ahli ilmu tidak terpandang remeh.Sebaiknya pelajar bisa mendapatkan buku wasiat tulisan Abu Hanifah (yang tadinya) untuk Yusuf Bin Khalid As-Simty waktu pulang kembali ketengah-tengah keluarganya. Dan buku ini bisa didapatkan oleh yang mau mencarinya. Guru kita sendiri, yaitu Syaikhul Imam Burhanuddin Aliy bin Abu Bakar semoga Allah mensucikan ruhnya yang mulya itu,  juga memerintahkan kami waktu mau pulang ke daerah agar menulis buku tersebut, dan kami pun melakukannya. Sang guru dan mufti (pemberi fatwa) bidang pergaulan manusia, tidak boleh tidak juga memegangi buku wasiat tersebut. Wa billahi at-taufiq.

Wallahu a'lam

0 Response to "(Ta'limul Muta'allim) Pasal 2: Niat Dalam Mencari Ilmu"

Posting Komentar